10.30.2014

Scanlation Komik-Komik Luar Babak Pertama

Saat ini amat sangat gandrung sama komik-komik luar yang kebanyakan memang nggak ada di Indonesia. Mungkin penerbit buku di Indonesia masih kekurangan dana buat beli hak ciptanya. Terus terang nih tadinya saya menjelajah dunia maya hanya untuk cari komik Mimin yang susah banget dicari di pasaran. Kalau ada yang tahu, kasih komentar di bawah ya.

Anyway, pas saya menjelajah itu saya menemukan beberapa website ataupun blog yang memberikan link scanlation (dalam bahasa inggris) untuk banyak komik-komik luar. Di antaranya ada website bookgn yang memberikan sumber-sumber yang kaya akan komik-komik luar. Cuma ya harus jago bahasa Inggris kali ya biar bisa menikmatinya. Yang lain yang saya temukan adalah forum Spirou yang spesialisasinya menerjemahkan komik petualangan Spirou ke bahasa Inggris. Wah, saya salut sekali sama orang-orang ini. Soalnya bahasa ibunya komik petualangan Spirou kan dalam bahasa Perancis. Selain itu, adalagi website silent moon yang juga menerjemahkan komik-komik Perancis ke dalam bahasa Inggris. Nah mungkin ada di antara yang lain mau menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia. Jadi kita nggak susah-susah bacanya. hehehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar